Sabtu, 05 Agustus 2017

Setting ISO Kamera


Kembali lagi bersama FOTO VIDEO WEDDING JOGJA. Kali ini kami akan berbagi ilmu singkat mengenai ISO. ISO sendiri merupakan elemen dari segitiga eksposure, disamping itu juga ada Shutter Speed yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, serta Aperture yang saling berkaitan dan nanti FOTO VIDEO WEDDING JOGJA akan bahas pada artikel selanjutnya.

Apa itu ISO? ISO Pengertian singkatnya ialah "Ukuran kesensitifan sensor kamera terhadap cahaya".
Dan untuk penjelasan panjangnya, ISO adalah sensitifitas sensor kamera dalam menangkap cahaya. Pada kamera biasanya nilai ISO dimulai dari angka 100, 200, 400, dan seterusnya. Untuk mengatur ISO kita harus menggunakan perasaan, kita harus peka dengan cahaya sekitar agar ISO yang dipakai bisa pas tidak kurang tidak lebih. Penggunaan ISO yang tinggi bisa membantu sensor merespon cahaya dengan lebih cepat, namun semakin tinggi ISO, akan menimbulkan noise. Noise membuat gambar kelihatan tidak jernih.

Apa sih noise itu? Itu lho bintik-bintik kecil di foto. Jadi kalau ada bintik-bintik kecil pada hasil foto bukan hanya disebabkan oleh faktor lensa kotor / kameranya rusak. Tapi itu memang wajar terjadi karena mungkin kalian menggunakan ISO dengan nilai tinggi. Atau jangan-jangan kalian secara tidak sengaja memotret orbs dan menghubungkannya dengan hal mistik atau gaib.. hii.. kalau soal itu penulis kurang paham. 😊

Contoh foto penggunaan ISO




Istilah ISO ini serupa dengan ASA dan DIN pada era fotografi analog (sebelum era digital). Pada ISO rendah (misalnya pada angka ISO 100 pada settingan kamera DSLR), sensor akan menangkap gambar secara lebih detail tetapi butuh lebih banyak cahaya sehingga gambar terlihat lebih gelap. Sebaliknya pada ISO tinggi (misalnya ISO > 6400), sensor kamera akan menjadi lebih sensitive sehingga gambar yang dihasilkan semakin terang. Berikut acuan penggunaan ISO (bukan standar baku hanya acuan saja) :


Bagaimana sobat FOTO VIDEO WEDDING JOGJA setelah membaca artikel diatas, jangan lupa untuk mempraktekannya ya.. sebaik-baiknya ilmu akan berguna apabila dipraktekkan ^^ Selamat Mencoba, dan sampai ketemu lagi di artikel kami selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Bergerak dalam bidang jasa foto video wedding. Untuk saat ini kami baru melayani klien di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun tidak menutup kemungkinan Indah Wedding Jogja juga dapat melayani paket Foto Video Wedding di wilayah sekitar Yogyakarta, Magelang, Semarang, Solo, serta wilayah lainnya.

Copyright © 2017 Team Indah