Kamis, 10 Agustus 2017

Dasar Fotografi Segitiga Eksposur


Apa kabar kalian sobat FOTO VIDEO WEDDING JOGJA? Semoga kesehatan, keselamatan selalu menyertai. Amiin... Pada artikel sebelumnya FOTO VIDEO WEDDING JOGJA sudah membahas mengenai Shutter Speed, ISO, dan Aperture. Artikel tersebut berkaitan dengan yang akan kita bahas saat ini. Coba nanti kalian sambil buka-buka lagi artikel sebelumnya ya..^^. Kali ini kami akan membahas tentang dasar Fotografi, yaitu pengertian mengenai Segitiga Eksposur.

Kalau kita belajar matematika, kita akan memulai dengan 4 dasar yaitu, +,-,x,/, di photography, kita memulai dengan 3 dasar mengatur cahaya yang masuk ke sensor ataupun lebih dikenal dengan three gateway of light, three methodology, dll. Ketiga hal itu adalah Shutter Speed, ISO Speed, dan Aperture.

Untuk sebagian fotografer pemula penggunaan mode AUTO adalah cara yang praktis dan mudah dalam pengambilan gambar dan mode tersebut sering digunakan dalam berbagai hal. Akan tetapi ada baiknya mencoba mode Manual untuk mendapat kepuasan tersediri dan lebih berani dalam berkreasi. Sebelum berpindah dari mode AUTO ke mode Manual, fotografer harus memahami apa yang disebut dengan Eksposur. Eksposur merupakan banyaknya cahaya yang diterima oleh sensor kamera dalam proses pengambilan gambar. Eksposur diukur dalam lux detik yang dihitung dari nilai eksposur (EV, Exposure Value) dan pencahayaan pada area tertentu.

Segitiga Eksposur berfungsi mengendalikan cahaya yang akan direkam oleh media rekam gambar sesuai dengan yang kita inginkan. Supaya gambar yang dihasilkan tidak terlalu gelap (underexposure) atau tidak terlalu terang (overexposure). Biasanya lebih sering dan lebih simpel kita nyebutnya under dan over.


Ada 3 elemen yang perlu dipertimbangkan ketika bereksperimen dengan eksposur yang disebut dengan "segitiga eksposur". Masing-masing dari tiga aspek segitiga berhubungan dengan cahaya dan bagaimana cahaya tersebut masuk dan berinteraksi dengan kamera.

3 Elemen Segitiga Eksposur tersebut adalah:
1. Shutter Speed - rentang waktu pada saat shutter terbuka.
2. ISO - ukuran kesensitifan sensor kamera terhadap cahaya.
3. Aperture - ukuran bukaan lensa ketika gambar diambil.
Untuk memahami segitiga eksposure dapat diilustrasikan dan dibayangkan bahwa kamera merupakan sebuah jendela dengan daun jendela yang bisa membuka dan menutup. Aperture merupakan ukuran jendela, jika lebih besar maka cahaya banyak yang masuk dan ruangan akan lebih terang. Shutter Speed adalah rentang waktu pada saat jendela terbuka, semakin lama shutter terbuka maka cahaya akan lebih banyak masuk ke kamera sedangkan ISO diibaratkan sebagai kacamata hitam yang dipakai oleh sesorang didalam ruangan dan mata adalah sensor kamera.

7 hal yang mempengaruhi Eksposur, yaitu:
1. Jenis dan intensitas sumber cahaya.
2. Respon benda terhadap cahaya.
3. Jarak kamera dengan benda.
4. Shutter speed.
5. ISO.
6. Aperture.
7. Penggunaan filter tertentu.

Sekarang jadi tahu dong dasar dari fotografi? Tinggal prakteknya saja. Semakin sering berlatih maka ketiga komponen yang sudah di jelaskan diatas pasti bisa dikuasai dengan baik. Apalagi buat kalian yang sudah mempunyai kamera mumpuni jangan ragu-ragu untuk mengeksplore kemampuan pada settingan manual di kamera. Kini saatnya beralih ke setting manual sob!!! Biar makin mantab lagi hasil fotonya. Kalian yang ingin belajar mengenai konsep segitiga eksposure ini kalian bisa belajar menggunakan sebuah simulasi berikut.



Baca Juga :
                   - Shutter Speed Kamera
                   - Setting ISO Kamera
                   - Pengertian Aperture Dalam Photography

Bagaimana sobat FOTO VIDEO WEDDING JOGJA setelah membaca artikel diatas, jangan lupa untuk mempraktekannya ya.. sebaik-baiknya ilmu akan berguna apabila dipraktekkan ^^ Selamat Mencoba, dan sampai ketemu lagi di artikel kami selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Bergerak dalam bidang jasa foto video wedding. Untuk saat ini kami baru melayani klien di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun tidak menutup kemungkinan Indah Wedding Jogja juga dapat melayani paket Foto Video Wedding di wilayah sekitar Yogyakarta, Magelang, Semarang, Solo, serta wilayah lainnya.

Copyright © 2017 Team Indah